Kamu Butuh “Me Time” Saat Kamu Sudah Mengalami 3 Hal Ini

Kalau kamu adalah orang yang mudah bergaul, ekspresif dan sudah terbiasa berinteraksi dengan banyak orang, itulah yang  membuatmu pasti akan sulit meluangkan waktu mu untuk dirimu sendiri.

Kamu sudah menyibukkan dirimu dengan banyaknya sosialisasimu sampai-sampai kamu lupa bahwa kamu pun butuh “me time” untuk membuat pikiranmu segar kembali dan menghilangkan kejenuhanmu pada rutinitasmu yang monoton.

Berbeda dengan wanita yang memang tertutup dan pendiam, mereka lebih bisa berdamai dengan dirinya sendiri. Mereka selalu punya waktu untuk menikmati “me time” mereka. Bahkan “me time” sudah menjadi teman terbaik untuk mereka.

Kenapa kamu membutuhkan “me time”? Karena kamu juga butuh isi ulang tenagamu agar bisa kembali segar dan fokus lagi setelah semua rutinitasmu yang monoton.

Kalau selama ini kamu merasa kehidupanmu selalu disibukkan dengan banyaknya sosialisasi dan pekerjaanmu bahkan kamu hampir tidak punya waktu untuk “me time” itulah yang membuatmu terkadang tidak bisa konsentrasi melakukan apapun. Saat 3 hal ini kamu alami, tandanya kamu benar-benar sedang membutuhkan “me time”:

1. Saat kamu merasa ada yang kosong dalam hidupmu meski kamu sudah berkumpul dengan teman-temanmu

Saat kamu sedang berkumpul dengan teman-temanmu tapi kamu merasa masih kosong dan kesepian. Kamu merasa bosan membaur dengan mereka, itulah saat kamu membutuhkan waktu untuk sendiri.

Dengan menyendiri kamu akan belajar bahwa kehidupanmu tidak hanya tentang keramaian bersama teman-temanmu, tapi kamu juga harus bisa belajar untuk berdamai dengan kesepianmu sehingga kamu tidak terlalu mengandalkan orang lain untuk membuat hidupmu meriah dan bahagia. Kamu pun bisa melakukannya sendiri.

Dengan ketenangan yang kamu miliki saat me time juga kamu lebih punya waktu untuk berkomunikasi dengan dirimu sendiri, kamu bisa introspeksi diri, mencari tahu apa yang harus kamu perbaiki dari dirimu dan apa yang perlu kamu tingkatkan dari dirimu.

2. Saat mood kamu sedang tidak stabil

Saat kamu jadi lebih sensitif dan mudah tersinggung dengan ucapan orang lain, tandanya kamu sedang butuh me time. Kamu perlu mengerti dan memahami dirimu sendiri tentang kelelahan mental yang kamu alami dengan banyaknya rutinitas dan sosialisasimu.

Mood kamu yang sedang tidak stabil adalah tanda kamu lelah terus-menerus mencoba untuk menyenangkan dan memuaskan orang lain sampai-sampai kamu lupa untuk menyenangkan dan memuaskan dirimu sendiri.

Beri waktu untuk dirimu sendiri melakukan hal-hal yang bisa menyenangkan dan memuaskan dirimu sendiri. Manjakan dan apresiasi dirimu sendiri agar mood kamu kembali membaik.

 3. Saat kamu merasa sangat stress dan depresi

Karena kamu terus menghabiskan waktumu untuk bersosialisasi dan memaksakan diri untuk tidak menikmati me time mu karena  terbatasnya waktu untuk dirimu sendiri inilah yang terkadang membuatmu merasa stress dan depresi. Banyaknya tekanan dari lingkunganmu untuk mendapatkan pencapaian yang lebih baik dari mereka.

Dari banyaknya tekanan itulah yang membuatmu selalu melakukan perencanaan untuk bisa mencapai target yang kamu inginkan.

Dan banyaknya target dalam hidupmu inilah yang membuatmu lelah sampai stress dan depresi kalau kamu tidak bisa mencapainya.

Jadi mulai sekarang berdamailah dengan target-targetmu, otakmu dan hatimu juga butuh istirahat. Kalau kamu merasa perlu merencanakan liburan, pergilah berlibur sendiri menikmati “me time” mu agar otakmu bisa kembali segar kembali dan kamu bisa mancapai setiap target hidupmu, bahkan siapa tahu kamu punya target baru yang lebih menantang setelah kamu pulang liburan.

Kalau kamu sekarang sedang mengalami ketiga hal tersebut, tandanya kamu sedang membutuhkan “me time” agar kamu bisa memulihkan dan menyegarkan kembali mood dan emosi kamu.

Nikmati “me time” kamu dengan melakukan apapun yang kamu sukai, melakukan hobi kamu, manjakan dirimu dengan belanja, nonton, makan sendiri, pergi ke salon atau hanya sekedar mencari-cari barang-barang yang kamu inginkan untuk memberikan apresiasi pada pencapaian yang kamu dapatkan sekarang.

Me time juga berarti menikmati waktu mu untukmu bisa membahagiakan dirimu sendiri. Dan saat kamu sudah bisa membahagiakan dirimu sendiri, otomatis juga mood dan emosi kamu juga akan membaik. Dengan mood dan emosi yang membaik inilah kamu bisa menyegarkan kembali pikiran mu untuk memulai semuanya dari nol lagi.

Kamu sudah membuang semua energi negatif dalam dirimu dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai dan mengapresiasi diri kamu sendiri.

Karena kalau bukan kamu siapa lagi yang bisa membahagiakan diri kamu sendiri? So ladies, jangan sampai kurangnya waktu “me time” kamu mempengaruhi produktivitas kerja kamu. Kalau kamu sudah merasakan sangat jenuh dengan semua rutinitasmu, cobalah untuk meluangkan waktumu untuk “Me time”.

Ada banyak dampak positif dari Me time yang kamu lakukan. Salah satunya sudah pasti adalah fokus dan konsentrasi mu jadi lebih baik karena mood dan emosi kamu yang membaik. Dengan begitu produktivitas kerjamu pun pasti bertambah.