Hindari 4 Kesalahan Yang Membuatmu Sulit Untuk Move On Ini

Apapun usaha yang kamu lakukan untuk bisa move on dari mantan akan sia-sia saja kalau kamu masih melakukan 4 kesalahan ini. Setelah kamu bisa melewati 6 fase move on, kamu tetap harus bisa menghindari 4 kesalahan ini agar kamu benar-benar bisa move on dan melupakan mantanmu. Karena setiap orang punya waktu yang berbeda untuk bisa move on. Ada orang yang bisa dengan cepat move on dan ada pula yang butuh waktu lama untuk bisa move on.

Cepat dan lambatnya kemampuan seseorang untuk move on juga tidak bisa kita prediksi dengan lamanya hubungan kalian. Apakah kalau kalian menjalani hubungan 2 tahun, kalian juga membutuhkan waktu 2 tahun untuk move on. Itu semua tergantung kemampuan setiap orang untuk menetralkan perasaannya pada orang yang pernah mengisi hidupnya.

Yang pasti, semakin cepat kamu move on semakin baik. Tapi tidak semua orang punya kemampuan untuk cepat move on.

Kalau kamu sendiri termasuk tipe yang sulit atau mudah move on? Biasanya berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk move on? Apakah sebulan? Dua bulan? 6 bulan? Atau bahkan lebih? Menurut jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Positive Psychology waktu yang dibutuhkan seseorang untuk bisa menjalin hubungan baru setelah putus adalah 11 minggu.

Coba sekarang kamu ingat-ingat berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk benar-benar move on dari mantan? Kalau kamu termasuk orang yang sulit move on, bisa jadi karena kamu masih melakukan 4 kesalahan yang mempersulitmu untuk move on ini, jadi pastikan kalau kamu memang ingin segera move on, hindari 4 kesalahan ini:

1. Kamu masih berhubungan dan menjalin komunikasi dengan mantan kamu

Bagaimana mungkin kamu bisa move on kalau kamu masih berhubungan baik dan menjalin komunikasi dengan mantanmu? Justru inilah alasan utama kamu gagal move on. Semakin sering kamu berhubungan dan berkomunikasi dengan mantan, kamu akan lebih mudah baper dan ujung-ujungnya kamu akan semakin sulit melupakan dan jauh-jauh dari mantan.

Memang tidak ada salahnya untuk tetap menjalin komunikasi dengan mantan, tapi itu setelah kamu memang sudah benar-benar bisa move on dari mantan. Kalau baru putus saja kamu masih sering bertemu dan berkomunikasi dengan mantan, pantas saja inilah yang mempersulitmu untuk move on.

Sudahlah, kalau kamu memang sudah memutuskan untuk berpisah lebih baik kamu menghapus semua kontak dan akses komunikasimu dengan mantan sementara waktu sampai kamu benar-benar sudah bisa menetralkan perasaanmu dan move on.

2. Kamu tidak tahu cara melampiaskan emosi kamu

Inilah kesalahan kedua yang membuatmu sulit melupakan mantan, karena kamu tidak tahu cara melampiaskan emosi kamu. Setelah putus dari mantan, kamu pasti akan dikuasai oleh emosi negatif mulai dari sedih, kecewa, marah, dendam dan benci dengan semua hal yang berhubungan dengan mantan.

Dengan semua emosi negatif mu itu, kamu jadi lebih sensitif dan labil. Kamu tidak bisa fokus dengan apa yang kamu kerjakan, kamu mudah marah-marah, galau, kalut dan tidak punya semangat untuk melakukan apapun. Dan parahnya lagi kamu tidak tahu cara untuk melampiaskan semua emosi negatifmu itu.

Jadi coba cari cara agar kamu bisa melampiaskan emosi negatif kamu itu. Tidak masalah kamu menangis atau berteriak marah-marah asalkan kamu bisa lega.

Atau kamu bisa melakukan hobi ataupun aktivitas fisik (ngegym, muay thai, jogging, acro yoga, dll), apapun itu yang bisa mengalihkan pikiranmu dari mantan.

Hubungi teman-teman atau sahabatmu untuk menceritakan semua perasaanmu pada mereka. Tidak masalah kalau mereka tidak memberikan solusi, yang kamu butuhkan sekarang hanya melampiaskan emosimu pada pendengar yang baik.

 3. Kamu masih menyalahkan dirimu dengan berakhirnya hubunganmu

Kalau kamu masih menyalahkan dirimu dengan berakhirnya hubunganmu pantas saja kamu sulit untuk move on karena kamu masih takut melakukan kesalahan yang sama lagi dalam hubungan baru mu. Kamu takut memulai hubungan baru karena kamu takut akan berakhir sama dengan kegagalan dan menyalahkan diri kamu.

Hentikan kebiasaanmu untuk menyalahkan diri kamu dengan kegagalan hubungamu di masalalu. Kamu harus menyadari bahwa berakhirnya hubungan kalian bukan hanya kesalahanmu saja, tapi pasangan juga punya andil yang sama denganmu. Kalian tidak bisa mempertahankan hubungan kalian, bukan kamu yang gagal.

Lebih baik kamu belajar dari kegagalan hubunganmu di masalalu agar kamu tidak melakukan kesalahan yang sama di hubungan yang baru.

Semakin banyak kesalahan yang kamu lakukan di masalalu, semakin banyak pelajaran dan pengalaman yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki hubungan yang baru.

4. Kamu masih tidak terima (dendam) dengan mantan

Kamu masih belum bisa menerima bahwa hubunganmu berakhir, terlebih kalau berakhirnya hubunganmu ini karena kesalahan mantan. Kamu akan terus mengingat semua kesalahan yang dilakukannya, kamu benci dengan semua hal yang berhubungan dengannya, bahkan kamu menyimpan dendam pada mantan.

Belum bisa move on bukan berarti kamu masih sayang dengan mantan, tapi bisa jadi karena kamu masih menyimpan dendam dan kebencian padanya. Dan inilah yang mempersulitmu melupakan mantan karena secara tidak langsung semakin kamu membenci dan dendam pada mantan, semakin sering kamu mengingat-ingat semua hal tentangnya dan kamu juga akan semakin tersakiti.

Jadi agar kamu tidak lagi merasa tersakiti dengan semua kenangan tentang mantan, cobalah untuk memaafkan mantan dan biarkan semua ingatan mu tentangnya mengalir bebas dipikiranmu.

Semakin lama kamu juga akan terbiasa dengan semua ingatan itu dan pasti ada saatnya kamu tidak akan lagi merasakan sakit hati saat mengingat mantan.

Setelah kamu tahu 4 kesalahan yang mempersulitmu untuk move on dari mantan, sekarang saatnya kamu memutuskan untuk terus melanjutkan kegalauanmu yang sulit move on dari mantan dengan bertahan melakukan 4 kesalahan itu atau menghentikannya. Pilihan ada ditanganmu dan kamulah yang akan bertanggungjab dengan pilihanmu.

Kalau kamu memang wanita dewasa yang bijak harusnya kamu menyadari bahwa berakhirnya hubungan kalian memang karena kalian sudah tidak bisa mengatasi permasalahan yang terjadi dalam hubungan kalian, lalu untuk apa masih memikirkan hubungan yang sudah berakhir dan berlalu? Seharusnya kamu mempersiapkan dirimu untuk memulai hubungan baru.

Semakin lama kamu bertahan dengan kegalauanmu, semakin lama juga kamu mendapatkan pasangan baru.

Tidak masalah kalau kamu memang membutuhkan waktu untuk menyembuhkan luka mu, tapi kamu harus berikan batasan waktu agar kamu tidak terlalu lama dan malah akan semakin sulit untuk melupakan mantan karena usahamu yang terlalu keras.

Semakin keras kamu berusaha melupakan mantan, justru kamu akan semakin sulit melupakannya, karena kamu akan terus mengingatnya.

Jadi, coba sekarang gunakan waktumu dengan bijak, cari kesibukan dan kegiatan baru yang bisa mengalihkan pikiranmu pada mantan.

Hubungi teman-temanmu dan ajak mereka untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan dan menghabiskan waktu denganmu, manjakan dirimu dan bahagiakan dirimu dengan cara apapun.

Mungkin memang kedengarannya mudah kalau cuma teori saja, tapi kalau kamu memang bisa memaksa dirimu untuk melakukan hal yang terlihat sulit, perlahan kamu pasti akan menjadikan hal yang terlihat sulit tadi menjadi mudah.

So ladies, masih mau bertahan dalam kegalauanmu mengingat mantan dan sulit move on atau berani memaksa dirimu untuk membuka diri mengenal orang baru dan menjalin hubungan baru.

Mulai sekarang kamu tidak akan lagi membutuhkan waktu lama untuk move on kalau kamu bisa menghindari 4 kesalahan tersebut dan memutuskan untuk segera move on menjadi dirimu yang lebih baik lagi. Menjadi wanita tegas, percaya diri, mandiri dan cerdas menyikapi semua permasalahan dalam hidupmu.

Fokuslah untuk mencintai dan memberikan kebaikan untuk dirimu sendiri dengan mulai belajar untuk menghargai dirimu sendiri agar saat kamu punya pasangan baru nantinya kamu bisa mendapatkan pasangan yang bisa menghargaimu.