5 Cara Memperbaiki Kepercayaan Dalam Hubungan

Setelah pasangan melakukan dan mengakui kesalahannya, kamu pasti sulit untuk menerima kesalahan dan memaafkannya. Apalagi untuk memberikan kesempatan dan kepercayaan pada pasangan lagi, itu pasti bukanlah hal yang mudah. Kamu harus bisa melupakan kesalahannya agar kamu bisa memaafkan pasanganmu.

Tapi terkadang pasti ada masa dimana kamu akan mengingat lagi kesalahan pasangan dan sulit memperbaiki kepercayaan dalam hubungan kalian.

Kamu akan merasa bahwa permintaan maafnya saja tidak cukup untuk mengobati sakit hati mu. Maafnya tidak akan bisa memulihkan hubungan kalian kembali seperti dulu lagi.

Kepercayaan yang sempat kamu berikan pada pasangan dulu sudah sedikit tercoret karena kesalahan yang dilakukannya. Dan kamu pun pasti akan lebih waspada untuk tidak mudah memberikan kepercayaan pada pasanganmu lagi. Tapi kamu bisa mencoba 5 cara ini untuk memperbaiki dan memberikan kepercayaan lagi pada pasanganmu:

1. Berikan penjelasan kenapa kamu melakukan kesalahanmu

Untuk memperbaiki dan memberikan kepercayaan pada pasangan lagi, kamu harus berani untuk memberikan penjelasan kenapa kamu bisa melakukan kesalahan sehingga membuat pasangan sulit untuk percaya padamu lagi.

Jelaskan alasanmu kenapa kamu bisa berbuat kesalahan, apa yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kesalahan dan minta dia untuk membantu dan mendukungmu agar tidak melakukan kesalahan yang sama lagi dimasa depan.

Dengan memberikan penjelasan pada pasangan, kamu juga berusaha untuk meyakinkan pasangan niat baikmu memperbaiki kepercayaan dalam hubungan kalian. Kamu harus tunjukkan pada pasangan kalau kamu bersungguh-sungguh ingin memperbaiki kesalahanmu.

Buat pasangan bisa menerima kesalahanmu dan memberikan kesempatan padamu untuk memperbaiki kesalahanmu dengan mengingatkan pasangan kalau kesalahan yang kamu lakukan pasti ada andil dari dirinya, bukan berarti kamu menyalahkan pasangan.

Tapi dalam hubungan kalian adalah partner, jadi kalau ada salah satu diantara kalian melakukan kesalahan, pasti partner kalian punya andil dalam kesalahan kalian.

2. Perbaiki komunikasi kalian

Kenapa pasangan bisa melakukan kesalahan bisa jadi karena komunikasi kalian yang tidak baik dan membuat pasangan memilih untuk menyembunyikan permasalahannya dibanding harus terbuka denganmu.

 Jadi, untuk memperbaiki lagi kepercayaanmu dengan pasangan, kalian harus memperbaiki komunikasi kalian.

Buat kesepakatan dengan pasangan untuk lebih terbuka dan tidak menyembunyikan masalah apapun dari pasangan. Kamu juga harus belajar untuk mengerti dan memahami pasangan saat mereka butuh pendengar dan penghibur dari masalahnya. Berikan empatimu pada pasangan untuk selalu menjadi pendengar yang baik untuknya.

Kalau kamu merasa ada yang perlu kalian diskusikan, ajak pasangan untuk bicara. Jangan memendam keluhan, harapan dan kekecewaanmu pada pasangan.

Begitupun pasangan, minta dia melakukan hal yang sama juga agar tidak lagi terjadi kesalahpahaman.

3. Akui dan perbaiki kesalahanmu agar kamu tidak lagi melakukan kesalahan yang sama

Setelah kamu mengakui semua kesalahanmu pada pasangan, kamu harus memberikan waktu sendiri pada pasangan untuk memikirkan apakah dia bisa memberikan kepercayaannya padamu lagi atau tidak. Setelah itu baru kamu menunjukkan keseriusanmu untuk memperbaiki kesalahanmu.

Kamu beruntung kalau pasanganmu bisa memaafkan dan memberikan kesempatan padamu untuk memperbaiki kesalahanmu, jadi jangan sampai kamu menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan pasangan.

Ingat juga kalau kamu saja sulit menerima kesalahan pasangan, maka kamu harus mengerti saat pasangan juga sulit untuk menerima kesalahanmu.

Jadi, jangan lagi mempermainkan kepercayaan yang sudah diberikan pasangan dengan tidak lagi melakukan kesalahan yang sama.

4. Berkomitmenlah untuk tidak lagi melakukan kesalahan yang sama

Buktikan komitmen mu pada pasangan untuk tidak lagi melakukan kesalahan yang sama.

Dibanding kalian saling menyalahkan dan bertengkar, lebih baik kalian diskusikan solusi apa yang harus kalian lakukan agar kesalahan yang sama tidak kamu lakukan.

Berkomitmenlah untuk sama-sama memperbaiki diri kalian agar kualitas hubungan kalian juga membaik. Dan pastinya berusahalah untuk menepati komitmenmu untuk tidak lagi melakukan kesalahan yang sama dengan perbuatanmu, dengan begitu pasangan juga bisa belajar untuk memberikan kepercayaannya padamu lagi.

5. Berikan kompromi pada pasangan untuk membuktikan komitmen dan janjinya untuk memperbaiki kesalahannya

Kamu harus belajar untuk menerima dan memaafkan kesalahan pasangan dengan menyadari bahwa kamu pun pasti pernah melakukan kesalahan yang sama.

Dan kalau pasangan saat itu bisa memaafkanmu, sekarang adalah saatnya kamu memaafkan dan memberikan kepecayaan padanya lagi

Tunjukkan pada pasangan kalau kamu bisa memberikan dia kompromi untuk memperbaiki kesalahannya, asal pasangan juga bisa membuktikan komitmennya untuk memperbaiki diri.

Ingatkan pasangan batasan diri kamu agar dia tidak lagi melakukan kesalahan yang sama dan menyakitimu dengan alasan yang sama dan agar pasangan tahu konsekuensinya kalau dia melanggar komitmennya untuk memperbaiki kesalahannya.

Itulah 5 cara yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki kepercayaan dalam hubungan kalian. Kepercayaan adalah salah satu faktor yang harus kamu miliki untuk menjalani hubungan yang sehat. Tanpa kepercayaan, kalian hanya akan menjalani hubungan tanpa kebahagiaan.

Dengan modal kepercayaan inilah kalian bisa melewati setiap permasalahan dan konflik dalam hubungan kalian, kalian bisa menghindari kesalahpahaman dan tidak lagi cemburu buta pada pasangan.

Yang pasti hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa memberikan kepercayaan pada pasangan lagi adalah dengan meningkatkan kepercayaan diri kamu.

Yakinkan diri kamu dengan keputusan yang kamu ambil. Yakinkan diri kamu kalau kamu sudah mengambil keputusan yang tepat untuk memberikan kepercayaan padanya lagi.

Pastikan juga kalian membuat kesepakatan agar pasangan tidak lagi melanggar janji untuk memperbaiki kesalahannya dan tidak lagi melakukan kesalahan yang sama.

Selain membuat kesepakatan, buat juga konsekuensi kalau pasangan melanggar kesepakatan dan janji yang sudah kalian buat untuk memperbaiki kepercayaan dalam hubungan kalian.