5 Cara Mengakhiri Hubungan Yang Tidak Seharusnya Kamu Pertahankan

Saat kamu sudah menjalani hubungan yang tidak seharusnya kamu pertahankan, kamu harus berani dan tegas untuk mengakhirinya. Jangan pernah memaksakan diri bertahan dalam hubungan yang tidak sehat dan mempertaruhkan kebahagiaanmu. Jangan berharap dengan kesabaranmu pasangan bisa berubah suatu saat nanti.

Ada hal-hal yang bisa kamu toleransi dan ada yang tidak bisa kamu toleransi dalam hubungan. Itulah yang disebut batasan diri dalam hubungan. Hal yang tidak boleh kamu toleransi dalam hubungan seperti kebohongan, kekerasan dan perselingkuhan.

Kalau kamu terus berusaha untuk memberinya toleransi dengan kesalahan fatalnya hanya untuk membuktikan kalau kamu sangat menyayanginya, kamu hanya akan membuat dirimu sendiri menderita dengan semua pengorbanan yang kamu lakukan untuk terus mengalah. Kamu tidak akan sadar kalau ternyata selama ini kamu sudah dibodohi oleh pasanganmu.

Mudah memaafkan terkadang malah bisa dimanfaatkan pasangan untuk mempermainkanmu.

Dia tidak akan pernah sadar dengan kesalahan yang sudah dia lakukan karena dia merasa mudah saja mendapatkan maaf darimu. Itulah kenapa dia selalu mengulangi kesalahannya lagi dan lagi.

Kamu sudah seharusnya tegas dan berani meninggalkan hubungan yang sudah tidak sehat dan berhenti mencari alasan untuk bertahan. Kamu tidak akan mendapatkan kebahagiaan menjalani hubungan yang tidak sehat dan hanya terus memanfaatkan dan membodohimu. Sekarang saatnya kamu mengakhiri hubungan yang tidak seharusnya kamu pertahankan dengan 5 cara ini:

1. Maafkan diri kamu dulu

Kalau kamu sudah mulai sadar bahwa hubungan tidak sehat yang kamu jalani selama ini hanya membuatmu menderita karena pasangan hanya ingin memanfaatkan dan mempermainkanmu, kamu pasti akan sangat emosi. Tapi kamu tetap harus bisa bersikap tenang dengan belajar memaafkan diri kamu dulu.

Jangan langsung tiba-tiba memutuskan pasangan dengan emosi yang meledak-ledak, bahkan kekerasan.

Kamu harus bisa menenangkan dan memaafkan diri kamu dengan begitu kamu juga bisa mengakhiri hubungan kalian dengan baik-baik, namun tetap harus tegas memberikan alasan kenapa kamu tidak bisa mempertahankan hubungan yang tidak sehat itu.

2. Lupakan semua kenangan indah dan kebaikan pasangan padamu

Saat kamu menyadari hubungan yang kamu jalani lebih banyak penderitaan daripada kebahagiaannya, awalnya kamu memang punya niat untuk mengakhiri, tapi terkadang masih ragu karena kamu masih mengingat semua kebaikan yang pernah pasangan kalian berikan.

Sadarilah bahwa tidak ada gunanya juga kamu terus mempertahankan hubungan yang sudah tidak sehat.

Awalnya memang pasti sulit melupakan kenangan indah dan kebaikan pasangan padamu, tapi perlahan kamu juga terbiasa kalau kamu sudah bisa meyakinkan dirimu untuk mengakhiri hubungan yang tidak sehat itu.

 3. Berani menerima kenyataan untuk sakit hati dan yakin kalau kamu pasti bisa melewatinya

Jangan takut untuk jadi single dan sakit hati setelah kamu mengakhiri hubungan yang tidak sehat ini. Tidak masalah mungkin awalnya kamu akan merasakan sakit hati yang sangat dalam, itu adalah hal yang wajar.

Sadarilah bahwa mengakhiri hubungan yang tidak sehat lebih baik daripada kamu memaksakan diri untuk bertahan dan menyakiti dirimu sendiri.

Sakit hati yang kamu rasakan itu pasti akan ada akhirnya daripada kamu bertahan dalam hubungan yang hanya memberikanmu kekecewaan yang tidak tahu kapan akan berakhirnya.

4. Jangan menyalahkan dirimu sendiri

Saat pasangan tidak bisa menerima keputusanmu untuk mengakhiri hubungan kalian, dia akan mencari alasan untuk membuatmu merasa bersalah dan menyalahkan dirimu.

Contohnya saja kalau alasan putusnya hubungan kalian adalah karena kebohongan yang dia lakukan hanya karena tidak ingin menyakitimu yang sensitif dan mudah menangis, kamu akan menyalahkan dirimu sendiri karena ternyata kamulah penyebab kebohongannya.

Kamu tidak boleh menyalahkan dirimu sendiri dengan alasannya itu, katakan padanya kalau dia memang punya masalah dengan sikapmu harusnya dia membicarakan langsung padamu dan mencari solusinya bersama, bukan dengan memilih untuk berbohong.

Tapi kalau dia memang keras kepala merasa paling benar sendiri dan terus menyalahkanmu, tandanya kamu tidak akan pernah menyesal mengakhiri hubungan mu dengannya sekarang. Karena selamanya dia juga akan bersikap seperti itu.

5. Hentikan semua sikap buruk pasangan padamu

Hubungan yang tidak sehat adalah saat pasangan terus mengulangi kesalahan yang sama setelah minta maaf padamu. Dan kamu pun dengan mudahnya memaafkan kesalahannya. Kamu dengan sabarnya memaafkan kesalahan pasangan karena berharap dia bisa berubah dan memperbaiki kesalahannya, padahal mustahil.

Belajarlah tegas untuk tidak memberikan kesempatan berkali-kali pada pasangan untuk melakukan kesalahan yang sama.

Jangan terus menerus menerima kesalahan fatal pasangan yang tidak bisa kamu tolerir. Tinggalkan pasangan yang hanya terus mengecewakanmu dengan alasan yang sama.

Itulah 5 cara yang harus kamu lakukan untuk mengakhiri hubungan mu yang sudah tidak sehat lagi. Menjalani hubungan yang tidak sehat sama saja mempertaruhkan kebahagiaanmu. Jadi kalau kamu terus memaksakan diri untuk bertahan dalam hubungan seperti itu, maka kamu tidak akan pernah merasakan kebahagiaan mencintai dan dicintai.

Belajarlah untuk tegas dan berani mengakhiri hubungan yang tidak sehat agar kamu bisa mendapatkan pasangan yang lebih baik lagi.

Kamu berhak dan bisa mendapatkan pasangan yang bisa memberikan perlakuan yang baik dan menghargaimu kalau kamu juga bisa menghargai dirimu sendiri.

Bertahan dalam hubungan yang tidak sehat sama saja kamu tidak menghargai dirimu sendiri karena kamu membiarkan dirimu dimanfaatkan dan dipermainkan oleh pasanganmu dengan semua sikap buruknya dan kamu tidak punya keberanian untuk menghentikan perlakuan buruknya.