Bosan Dengan Pasangan Tapi Bingung Bagaimana Mengatakannya? Kamu Bisa Lakukan Dengan Cara Ini

Seiring lamanya hubungan yang kalian jalani, kalian tidak bisa menghindari kejenuhan dalam hubungan kalian. Dan saat rasa jenuh yang mulai melanda dalam hubungan kalian ini bisa menjadi alasan berakhirnya hubungan kalian.

Tapi kalau setiap hubungan bisa berakhir hanya dengan alasan jenuh, maka mana mungkin ada pernikahan yang bertahan? Itulah kenapa salah satu kemampuan yang harus kamu miliki untuk mempertahankan hubunganmu adalah pengelolaan dan penyelesaian rasa jenuh yang tiba-tiba melanda dalam hubunganmu.

Kamu harus tahu bagaimana caranya saat rasa jenuh melanda hubungan kalian agar kalian bisa mempertahankan hubungan kalian. Apa yang harus kamu lakukan untuk menghindari perpisahan hanya karena rasa jenuh.

Sebelum kamu menemukan cara untuk mengatasi rasa jenuh dalam hubunganmu, setidaknya kamu harus tahu apa penyebab rasa jenuh dalam hubunganmu. Coba cari tahu penyebabnya agar kamu bisa menemukan solusi untuk mengatasinya.

Secara umum, selama ini penyebab rasa jenuh dalam hubungan sama saja dengan penyebab rasa jenuhmu pada kegiatan maupun kesibukan yang sering kamu lakukan.

Rasa jenuh dalam hubunganmu terjadi karena hubungan yang kamu jalani monoton, datar dan begitu-begitu saja, kalian takut meninggalkan zona nyaman kalian, tidak pernah mencoba cara komunikasi cerdas yang lebih kreatif untuk menghilangkan kejenuhan kalian.

Singkatnya rasa jenuh yang kalian alami selama ini karena seringnya intensitas pertemuan dan komunikasi yang kalian lakukan dengan hal-hal yang sama setiap hari, tidak adanya hal baru yang kalian lakukan dalam hubungan kalian, tidak pernah mencoba cara komunikasi baru yang belum pernah kalian lakukan dan kalian takut meninggalkan zona nyaman kalian.

Lalu apa yang harus kamu lakukan untuk menghindari rasa jenuh dalam hubungan?

Lakukan hal yang sebaliknya dari yang selama ini kamu lakukan. Kalau selama ini kalian sering bertemu dan selalu mengabari pasangan dengan intensitas yang terlalu sering, kurangi kebiasaan itu, cobalah untuk membuat jarak dengan pasangan.

Beri waktu untuk diri kalian sendiri menikmati “me time” kalian. Nikmati waktu kalian sendiri bersama teman-teman yang selama ini kalian lupakan karena banyaknya waktu yang kalian habiskan dengan pasangan, bahagiakan diri kalian sendiri tanpa pasangan.

Tapi bagaimana cara mengatakannya pada pasangan kalau kamu sedang jenuh dan butuh waktu sendiri?

Kamu bingung karena takut nanti pasangan malah mengira bahwa kamu jenuh dalam hubungan berarti ingin mengakhiri hubungan kalian, takut kalau pasangan merasa kalau ada wanita lain yang sedang dekat denganmu, takut menyakiti dan mengecewakan pasanganmu.

Dan itulah yang terkadang membuatmu mengurungkan niat untuk mengatakan pada pasangan kalau kamu jenuh dalam hubungan kalian. Padahal bisa jadi pasangan juga mengalami kejenuhan yang sama tapi takut juga mengatakannya

Jadi kamu harus berani berinisiatif untuk mengatakan kejenuhanmu agar tidak terus-menerus memaksakan diri kalian menjalani hubungan yang membosankan. Cari waktu yang tepat untuk mengatakan rasa jenuhmu pada hubungan kalian.

Sesuaikan dengan kondisi dan mood pasangan. Jangan mengatakan rasa jenuhmu pada pasangan saat moodnya sedang tidak baik dan sedang ada banyak masalah.

Carilah waktu yang tepat saat dia sedang baik-baik saja, katakan saja dengan nada pelan dan lembut kalau kamu sedang jenuh dengan hubungan kalian, bukannya jenuh dengan pasangan kalian.

Kamu harus bisa mengatakannya dengan lembut agar dia tidak terkejut, karena mendengar kamu jenuh saja dia pasti akan takut kalau kamu ingin mengakhiri hubungan kalian.

Setelah itu jelaskan alasanmu kenapa kamu bisa jenuh dalam hubungan dan berikan solusimu untuk mengatasi kejenuhan dalam hubungan kalian.

Jujurlah pada pasangan tentang semua yang kamu rasakan dalam hubungan kalian agar pasangan juga bisa lebih mengerti dan memahami alasan kenapa kamu jenuh dalam hubungan.

Selain itu kalau kamu bisa membuat pasangan memahami alasan kejenuhanmu, justru dia bisa membantumu mengatasinya.

Atau kamu katakan saja pada pasangan kalau cara terbaik untuk mengatasi kejenuhan dalam hubungan kalian adalah dengan meminta waktu untuk fokus pada kehidupan pribadi kalian, minta waktu untuk menjaga jarak dengan pasangan.

Katakan saja pada pasangan kalau kamu butuh waktu sendiri tanpa dirinya untuk beberapa hari. Waktu kalian menjaga jarak inilah justru kalian bisa merefresh diri kalian dari kejenuhan dalam hubungan kalian dan pastinya melakukan evaluasi apa yang perlu kalian perbaiki dan perbarui dalam hubungan kalian.

Kamu harus bisa membuat pasangan percaya dan yakin padamu bahwa waktu yang kamu minta untuk sendiri itu kamu pergunakan untuk me-time, bukannya untuk mencari wanita lain. Dan pastinya memang itulah yang harus kamu lakukan, bukannya malah menyalahgunakan kepercayaan yang pasanganmu berikan.

Justru setelah kamu sudah bisa membuat pikiranmu segar kembali dengan menikmati me time mu, melakukan lagi hobimu, berkumpul dan hangout dengan teman-teman lama mu, kamu tidak akan lagi merasa terbebani dengan kejenuhan yang kamu alami dalam hubungan.

Pasangan juga bisa melakukan hal yang sama denganmu, menikmati me time nya untuk membuat pikirannya segar kembali dan kalian harus punya batas waktu kapan kalian siap untuk bertemu dan berkomunikasi lagi dengan pikiran yang lebih segar untuk memulai hubungan yang baru lagi dengan semangat baru.

Itulah yang harus kamu lakukan untuk mengatakan kejenuhanmu dalam hubungan pada pasangan. Jangan sampai kalian terus memaksakan diri menjalani hubungan yang membosankan hanya karena kalian tidak tahu cara mengatakan rasa jenuh kalian pada pasangan.

Yang perlu kamu lakukan hanya keberanian untuk lebih jujur dan terbuka pada pasangan dan mencari tahu cara untuk membuat pasangan percaya bahwa terkadang jarak justru memberikan dampak yang positif untuk hubungan kalian.

Dampak positif dari jarak yang kalian buat saat sedang jenuh adalah menyadarkan diri kalian kalau ruang sendiri yang kalian gunakan itu membuat kalian tahu seberapa besar kalian membutuhkan pasangan dan membuat kalian tahu bahwa jaraklah yang membuat kalian bisa merasa rindu pada pasangan. Dan rindu inilah yang baik untuk hubungan kalian.