9 Pelajaran Berharga Yang Kamu Dapatkan Setelah Patah Hati

Tidak selamanya patah hati itu buruk dan menyakitkan. Terkadang kamu justru bisa belajar banyak hal dari sakit hati yang kamu rasakan. Karena semua hal yang terjadi dalam hidupmu itu tergantung cara kamu memandangnya.

Kalau kamu selalu bisa menganggap setiap permasalahan dalam hidupmu adalah pelajaran dan pengalaman berharga, kamu pasti akan selalu menemukan dampak positif dari setiap permasalahan yang kamu hadapi. 

Termasuk saat kamu baru putus cinta. Mungkin awalnya akan sulit karena kamu sudah terbiasa melakukan semua hal bersama pasangan dan tiba-tiba kamu harus bisa mandiri lagi tanpa pasangan.

Itulah sebabnya saat kamu sedang menjalin hubungan, jangan pernah menggantungkan kebahagiaanmu pada pasangan. Kamu tetap harus bisa membahagiakan dirimu sendiri agar saat kamu putus dengannya pun kamu tetap tahu cara terbaik untuk menyembuhkan lukamu sendiri dan membahagiakan dirimu sendiri.

Tapi seiring berjalannya waktu, kamu pasti bisa menyembuhkan luka karena putus cintamu dan mencoba untuk move on. Semakin cepat kamu move on semakin baik karena tandanya kamu sudah bisa menerima kegagalanmu mempertahankan hubungan di masa lalu.

Sebenarnya bukan masalah berapa lama waktu yang kamu butuhkan saat move on tapi apa saja yang kamu lakukan untuk move on inilah yang akan mempegaruhi waktu move on mu.

Sebelum kamu belajar untuk move on, 9 pelajaran berharga yang kamu dapatkan setelah patah hati ini mungkin akan semakin memberikanmu keyakinan untuk segera move on dan memulai hubungan dan mencari pasangan baru yang lebih baik dari masalalu mu:

1. Patah hati memberikanmu pelajaran dan pengalaman untuk lebih bijak tidak lagi melakukan kesalahan yang sama di hubunganmu selanjutnya

Penyebab berakhirnya hubungan pasti terjadi karena ada ketidakcocokan yang terjadi diantara kalian. Dan kalian tidak bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi ketidakcocokan tersebut dan akhirnya pilihan untuk mengakhiri hubungan kalian adalah yang terbaik.

Justru dari situlah kamu akan menemukan kesalahan apa yang sudah kamu lakukan di hubungan mu tersebut sehingga terjadi ketidakcocokan. Dan inilah yang bisa kamu hindari di hubunganmu selanjutnya.

Kamu belajar untuk lebih bijak tidak lagi melakukan kesalahan yang sama untuk bisa mempertahankan hubungan kalian. Itupun kalau kalian memang bisa menemukan letak kesalahan kalian dan memperbaikinya. Kalau kalian lalai, hal yang sama pun pasti akan terjadi lagi.

Selain itu juga kamu akan lebih bijak untuk memperbaiki kriteria pasangan yang kamu inginkan. Kamu akan lebih bijak dalam menentukan pasangan yang memang cocok dengan karakter kamu, yang bisa melengkapi kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki.

2. Patah hati justru membuatmu sadar bahwa hidupmu tidak hanya tentang bahagia bersama pasangan tapi juga mewujudkan impian dan cita-citamu yang sempat tertunda

Setelah patah hati kamu akan sadar bahwa kehidupanmu tidak hanya tentang bahagia bersama pasangan, tapi bisa mewujudkan impian dan cita-citamu juga salah satu kebahagiaan yang harus kamu perjuangkan. Kamu akan sadar bahwa ada cita-cita dan impian yang sempat tertunda.

Dengan kesendirianmu sekaranglah kamu lebih punya banyak waktu untuk memulai lagi mewujudkan cita-cita dan impianmu yang sempat tertunda.

Kamu lebih punya kebebasan untuk meraih apapun yang kamu inginkan. Kamu juga akan belajar lebih mandiri dan hanya bergantung pada dirimu sendiri.

Kamu akan lebih tahu cara untuk mengandalkan dirimu sendiri dan lebih fokus untuk bekerja keras mewujudkan semua impian dan cita-citamu selama ini.

3. Patah hati justru akan membuatmu lebih semangat dan memotivasi dirimu untuk memperbaiki diri dan membuatmu lebih percaya diri untuk mendapatkan pasangan yang lebih baik

Saat hubunganmu berakhir, kamu jadi lebih bersemangat untuk memperbaiki diri kamu, baik itu penampilan dan karakter kamu.

Kamu mulai introspeksi dan evaluasi kekurangan diri kamu dan perlahan memperbaikinya agar kamu lebih percaya diri untuk mendapatkan pasangan yang lebih baik lagi.

Ini juga bisa kamu jadikan bukti kalau kamu tetap bisa bahagia tanpa pasanganmu. Kamu membuat dirimu menjadi lebih baik lagi dan lebih percaya diri untuk mendapatkan pasangan yang lebih baik lagi.

Dari patah hati juga kamu belajar untuk menghargai dirimu kamu kalau kamu pantas bahagia bersama pasangan yang memang bisa membahagiakanmu, bukannya memaksakan diri bertahan dalam hubungan yang sudah tidak bisa membahagiakanmu.

4. Patah hati menyadarkanmu bahwa sendiri bukan berarti kesepian, karena kamu bisa menghubungi teman-teman lamamu yang sudah kamu tinggalkan saat kamu punya pasangan

Saat punya pasangan, waktumu pasti banyak tersita bersama pasanganmu, bahkan sampai-sampai kamu tidak punya waktu untuk kehidupan pribadimu termasuk bertemu dengan teman-temanmu.

Setelah putus justru kamu punya banyak waktu untuk menghubungi kembali teman-teman lamamu dan berkumpul lagi dengan mereka. Kamu akan tahu bahwa ada banyak orang yang mendukungmu untuk berubah menjadi lebih baik lagi dan mendapatkan pasangan yang lebih baik lagi.

Kamu akan sadar bahwa sendiri bukan berarti kesepian karena kamu masih punya teman dan keluargamu yang selalu mendukungmu.

Kamu akan sadar bertapa berartinya orang-orang disekitarmu dan betapa beruntungnya kamu memiliki mereka setelah kamu merasa kehilangan pasanganmu.

 5. Patah hati menyadarkanmu bahwa masih ada banyak kejutan yang lebih baik sedang menantimu di masa depan

Kalau kamu sudah bisa berdamai dengan kesendirianmu sekarang, perlahan kamu akan sadar bahwa berakhirnya hubunganmu yang sekarang justru akan membuatmu mendapatkan kejutan baru bersama pasangan yang lebih baik lagi.

Kamu sadar bahwa kamu memang tidak bisa memaksakan diri kamu bertahan dengan pasangan yang memang sudah tidak bisa membahagiakanmu.

Kamu bijak terhadap dirimu sendiri dan memilih untuk memperjuangkan kebahagiaanmu bersama pasangan baru.

 6. Patah hati mengajarkanmu untuk belajar mengandalkan dirimu sendiri dan tidak lagi menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain, termasuk pasanganmu

Saat kamu punya pasangan, kamu pasti akan melakukan semua hal bersama pasangan, bahkan untuk mengambil keputusan untuk kehidupanmu saja terkadang kamu meminta pertimbangan dari pasangan. Hampir semua yang kamu lakukan dalam hidupmu selalu ada hubungannya dengan pasangan.

Tapi setelah kamu putus dengannya, kamu akan lebih bisa belajar untuk mengandalkan dirimu sendiri dan bertanggungjawab dengan kebahagiaanmu sendiri.

Kamu akan mencari tahu cara untuk bisa membahagiakan dirimu sendiri tanpa menuntut orang lain untuk membahagiakanmu.

7. Patah hati mengajarkanmu untuk lebih sabar dan ikhlas melepaskan orang yang kamu sayang

Setelah putus dengan orang yang kamu sayangi, kamu pasti akan merasa sedih dan galau berkepanjangan. Kamu butuh waktu untuk menyembuhkan lukamu. Semakin lama kamu menjalin hubungan dengan pasangan, mungkin waktu yang kamu butuhkan untuk move on juga akan semakin lama, tergantung usaha yang kamu lakukan untuk move on.

Tapi dari kejadian inilah kamu akan belajar lebih sabar dan ikhlas untuk tidak memaksakan kehendakmu bertahan dengan pria yang memang sudah tidak cocok denganmu.

Kamu akan belajar untuk menahan diri dan tidak memaksakan kehendakmu, selain itu kamu juga belajar untuk lebih berani tegas meninggalkan hubungan yang hanya menyakiti kalian.

8. Patah hati bukanlah akhir dari segalanya, justru ini adalah awal perjuanganmu untuk mendapatkan seseorang yang lebih baik lagi

Hubungan yang berakhir berarti tanda kalau kalian memang sudah tidak bisa lagi sejalan dan tidak mungkin untuk kalian satukan. Daripada memaksa diri kalian bertahan dalam hubungan yang hanya menyakiti kalian, lebih baik kalian sadari bahwa berakhirnya hubungan kalian adalah awal baru bagi hubungan yang lebih baik lagi.

Kamu mengakhiri hubungan kalian karena pasti ada sesuatu dari pasangan yang tidak kamu suka dan dia tidak bisa mengubahnya.

Sesuatu yang tidak kamu suka inilah yang bisa kamu jadikan standart untuk mendapatkan pasangan baru yang lebih baik dari mantanmu.

Kamu pasti akan mendapatkan pasangan yang lebih baik lagi karena kamu lebih bisa memilih dan menghindari pria seperti apa yang tidak cocok dan tidak baik untuk kamu jadikan pasangan.

 9. Patah hati mengajarkanmu untuk fokus mencintai dan memprioritaskan dirimu sendiri

Punya pasangan berarti kamu membagi waktu dan fokusmu untuk dirimu sendiri dan pasangan. Bahkan terkadang karena kamu berusaha untuk selalu membahagiakan pasangan, kamu lupa waktu untuk membahagiakan dirimu sendiri. Dan saat kamu patah hati kamu baru akan sadar kalau kamu belum bisa membahagiakan dirimu sendiri karena terlalu fokus pada pasanganmu.

Inilah saatnya kamu fokus untuk mencintai dirimu sendiri dan memprioritaskan dirimu sendiri dengan mulai mewujudkan semua impian dan cita-citamu, menikmati waktu mu sendiri, memanjakan dirimu sendiri, melakukan hobi dan semua hal yang ingin kamu lakukan. Kamu bebas melakukan apapun tanpa larangan dan batasan dari pasangan.

Itulah 9 pelajaran berharga yang kamu dapatkan saat kamu patah hati. Jadi untuk apa kamu masih takut patah hati kalau kamu juga bisa mendapatkan dampak yang positif dari patah hati yang kamu alami.

Daripada memaksakan dirimu bertahan dalam hubungan yang tidak sehat hanya karena kamu takut patah hati, takut tidak bisa mendapatkan pasangan yang lebih baik dan takut menjomblo lebih baik kamu berani tegas mengakhiri hubungan yang sudah tidak bisa membahagiakanmu.

Saat kamu memaksakan dirimu bertahan dalam hubungan yang hanya membuatmu menderita sama saja kamu sudah menentukan penderitaan masa depanmu. Bukankah tujuanmu menjalin hubungan harusnya untuk saling membahagiakan tapi kalau selama ini kamu tidak bisa bahagia bersama pasanganmu, lalu untuk apa kamu masih melanjutkan hubungan kalian?

Belajarlah tegas untuk mendapatkan kebahagiaan mu sendiri, hargai dirimu sendiri dengan selalu memberikan kebaikan pada dirimu sendiri.

Salah satu kebaikan yang harus kamu berikan pada dirimu sendiri sudah pasti adalah dengan bisa membahagiakan dirimu sendiri.

Kalau kamu saja tidak bisa membahagiakan dirimu sendiri, maka sampai kapanpun kamu tidak akan pernah bisa menuntut dan membuat orang lain bisa membahagiakanmu.

Karena saat kamu tidak bisa membahagiakan dirimu sendiri, kamu tidak akan tahu apakah arti kebahagiaan untukmu, bagaimana kamu bisa bahagia dan apa yang harus kamu lakukan agar bisa bahagia.

Kalau kamu sendiri saja tidak tahu apakah arti kebahagiaan untukmu, lalu bagaimana mungkin orang lain bisa membahagiakanmu? Kamu sendiri saja tidak tahu cara membahagiakan dirimu sendiri apalagi orang lain.

Jadi, kenali dirimu sendiri, cari tahu apa saja yang bisa membahagiakan dirimu sendiri, apa yang harus kamu lakukan untuk bisa menikmati waktumu sendiri dan bagaimana caranya kamu bisa mencintai dan memprioritaskan dirimu sendiri.

Lakukan itu semua agar kamu lebih siap untuk menjalin hubungan yang memang bisa membahagiakanmu.

Kebahagiaan adalah tujuan utama dalam kehidupanmu. Karena dengan kebahagiaan yang kamu rasakan inilah kamu akan lebih bisa bersyukur dengan semua yang kamu dapatkan dan rasakan dalam hidupmu. Dengan kebahagiaan yang kamu rasakan juga kamu akan lebih bisa dan tahu caranya untuk berbagi dan bersimpati pada orang lain.

Emosi itu menular. Termasuk kebahagiaanmu, jadi kalau kamu sudah bisa bahagia dengan hidupmu sendiri, maka orang lain pun akan merasa tertarik untuk merasakan kebahagiaan yang kamu rasakan.

Dan saat itulah mereka merasa tertarik untuk mendekati dan mengenalmu agar mereka juga bisa tertular emosi positifmu untuk bisa bahagia.

Bahagiakan dirimu sendiri, sebelum kamu mencari pasangan baru dan membahagiakan dirinya. Setelah kamu bisa membahagiakan dirimu sendiri, kamu juga pasti lebih bisa menghargai dirimu sendiri, dan dari penghargaan terhadap dirimu sendiri inilah yang akan membuatmu lebih bisa menentukan pasangan yang bisa memperlakukanmu dengan baik.

Kamu tidak akan lagi salah memilih pasangan karena kamu sudah punya batasan tertentu dan pasangan tidak akan mempengaruhi emosi yang kamu rasakan.

Sudahkah kamu bisa membahagiakan dirimu sendiri? Kalau belum cari tahu caranya agar kamu bisa membahagiakan dirimu sendiri dulu baru kamu bisa bahagia saat menjalani hubungan dengan pasanganmu nantinya.