7 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Batasan Diri Saat Pacaran

Pacaran itu tidak melulu bicara tentang cinta, tapi juga tentang tanggungjawab, komitmen, saling menghargai, mengerti dan memahami satu sama lain. Itulah kenapa kamu harus bisa mencintai dirimu sendiri dan punya batasan diri agar kamu tetap bisa menghargai dirimu sendiri, saat kamu mendapatkan pasangan yang tidak sesuai dengan yang kamu harapkan.

Karena saat kamu sudah bisa mencintai dirimu sendiri dengan bisa menghargai dirimu sendiri, kamu akan lebih tahu alasan kenapa kamu harus punya batasan diri dalam hubungan.

Tanpa batasan diri, kamu sama saja merelakan dirimu untuk diperlakukan seenaknya oleh pasangan, kamu merelakan dirimu untuk menerima semua sikap pasangan yang tidak seharusnya mereka lakukan.

Batasan diri yang kamu buat ini gunanya untuk menghargai dirimu sendiri sebagai individu yang punya hak dan keharusan untuk membahagiakan dirimu sendiri. Selain itu, dengan batasan diri yang kamu buat inilah yang membuat pasanganmu lebih bisa menghormatimu. Inilah 9 alasan lain kenapa kamu harus punya batasan diri dalam hubunganmu:

1. Tegas pada dirimu sendiri agar pasangan bisa menghargai kehidupan pribadimu

Meskipun kalian memang pasangan, kamu tetap harus menegaskan pada pasanganmu bahwa ada batasan-batasan tertentu yang tidak boleh dia langgar. Misalnya saja batasan waktu untuk menikmati waktu mu sendiri dan berkumpul dengan teman-temanmu. Pasangan harus memberikanmu kesempatan untuk bisa menikmati waktu mu sendiri, tidak terus-menerus memaksamu untuk menemaninya.

Dengan begitu kamu juga memberikan kesempatan pada pasangan untuk menikmati waktunya sendiri juga. Ini juga bermanfaat agar kalian tidak cepat merasa jenuh dengan intensitas bertemu pasangan yang terlalu sering. Kamu harus punya kesibukan lain selain bersama dengan pasanganmu agar kamu tidak terlalu bergantung padanya.

Kalau kalian bisa tegas dengan batasan pasangan kalian, kalian juga akan lebih mandiri dan berkembang dengan kesibukan kalian masing-masing. Hidupmu tida melulu tentang pasanganmu tapi juga tentang pergaulanmu bersama teman-teman lama dan baru mu.

 2. Batasan diri sebagai rambu saat pasangan sudah mulai tidak bisa menghargai mu, kamu bisa mengingatkan dia

Dengan punya batasan diri, kamu lebih punya rambu-rambu saat pasangan mulai melupakan batas kemampuan mu menuruti keinginannya. Kamu harus berani mengingatkan dan menegurnya saat dia mulai melanggar batasan diri kamu.

Jangan sampai kamu tersakiti untuk terus mengiyakan keinginannya hanya karena kamu tidak berani tegas untuk menegurnya bahwa kamu punya batasan diri untuk tidak melakukan semua yang diinginkannya.

Kamu harus bisa menghargai dirimu sendiri sebelum membuat pasanganmu bisa menghargai mu. Apa saja batasan-batasan diri yang tidak boleh dilanggar pasanganmu dan ingatkan dia saat dia mulai memaksa dan menuntutmu untuk selalu mengiyakan apa yang diinginkannya. Ingatkan dan tegur dia saat dia sudah mulai egois dengan memaksakan kehendaknya padamu.

3. Agar kamu lebih punya alasan saat pasangan menginginkan sesuatu diluar batas kemampuanmu

Setelah kamu punya batasan diri, kamu akan lebih punya alasan untuk menolak apa yang diinginkan pasangan. Pasangan juga akan lebih bisa menerima batasan diri yang sudah kalian sepakati di awal hubungan kalian.

Kalau dari awal kalian sudah punya batasan diri masing-masing, kalian akan lebih bisa mengerti dan memahami kebutuhan dan larangan dari pasangan kalian. Dengan begitu hubungan kalian juga akan jauh dari kesalahpahaman dan konflik.

Misalnya saja batasan kamu tidak bisa membalas chat, pesan atau telponnya saat sedang sibuk bekerja, dengan begitu pasangan pasti akan lebih bisa memahami saat kamu tidak membalas chatnya, kamu pasti sedang sibuk kerja. Atau batasan diri kalau kamu tidak akan berhubungan badan dengannya sebelum menikah.

Dari awal hubungan kamu harus tegaskan batasan dirimu padanya, dan kalau dia memaksa untuk melanggar batasan dirimu, tandanya dia bukanlah pasangan yang tepat untukmu karena tidak bisa menghargai batasan dirimu.

4. Agar kamu lebih bisa mandiri karena dengan batasan diri kalian tidak akan menggantungkan kebahagiaan kalian pada pasangan kalian

Batasan diri kalian juga akan membuat kalian lebih mandiri dan bisa menikmati mr time kalian. Dengan begitu kalian tidak akan menggantungkan kebahagiaan kalian pada pasangan kalian. Mungkin memang ada saat kamu akan mengecewakan pasangan kalian kamu tidak bisa mengiyakan semua keinginan pasangan, tapi kamu harus tetap tegas kalau kamu melakukan itu juga pasti untuk kebaikan hubungan kalian ke depannya.

Katakan pada pasangan, tanpa batasan diri kalian akan menjadi parasit satu sama lain dan terus menerus menuntut pasangan kalian untuk membahagiakan kalian. Karena apa? Karean kalian tidak bisa menciptakan kebahagiaan kalian sendiri.

5. Pasangan tidak akan memaksakan dirimu melakukan sesuatu diluar batas kemampuanmu

Kalau kamu tidak punya batasan diri, pasangan akan terus memaksa dan menuntutmu untuk menuruti semua keinginannya. Bahkan untuk melakukan apapun yang dia inginkan darimu.

Pasangan akan terus berusaha agar kamu mau menuruti keinginannya bahkan mengancam mu kalau kamu tidak menuruti keinginnnya, dia akan meninggalkanmu. Sehingga kamu akan terpaksa mengiyakan keinginannya.

Sebaliknya kalau kamu sudah tegaskan di awal hubunganmu kalau kamu punya batasan diri yang tidak boleh pasanganmu langgar, pasangan akan lebih memahami dan menerima penolakanmu. Dengan begitu juga dia tidak akan lagi memaksakan kehendaknya padamu.

6. Batasan diri adalah tanda kalian bisa bekerjasama untuk saling menghargai kehidupan pribadi masing-masing

Salah satu cara agar kita tetap bisa menjalani kehidupan kita sebagai individu yang mandiri adalah dengan membuat batasan diri agar kita tidak memaksakan diri kita melakukan sesuatu diluar batas kemampuan kita hanya untuk membahagiakan pasangan kita.

Batasan diri dalam hubungan adalah tanda kalau kalian bisa saling kerjasama untuk menghargai kehidupan pribadi pasangan kalian. Tidak selamanya pasangan kalian ada bersama kalian, tidak selamanya pasangan kalian bisa terus menurutu keinginan kalian dan tidak selamanya pula kalian bisa bersama pasangan kalian.

Itulah kenapa menghargai kehidupan pribadi masing-masing adalah dengan membebaskan pasangan kita melakukan apa yang bisa membuatnya bahagia dan mencari kebahagiaannya sendiri.

7. Menyadari kalau tidak selamanya menuruti keinginan pasangan adalah hal yang baik dalam hubungan kalian

Kamu juga akan lebih menyadari kalau tidak selamanya menuruti keinginan pasangan adalah hal yang baik untuk hubungan kalian. Karena dengan menuruti keinginan terus menerus bahkan sampai kamu mengabaikan kemampuan mu untuk menurutinya, kamu akan kelelahan sendiri mengiyakan dan mengikuti aturan mainnya. Pasangan justru akan semakin menuntutmu.

Kamu harus tegaskan pada pasangan bahwa dia harus bisa memenuhi kebutuhannya untuk bahagia sendiri tanpa terus menuntutmu mengiyakan apa yang diinginkannya.

Kamu juga harus bisa memberikan dia pengertian bahwa kamu tidak bisa menuruti semua keinginannya juga demi kebaikan hubungan kalian ke depan dan agar dia tidak terlalu bergantung dan mengandalkanmu, kamu lakukan ini demi kebaikannya juga.

Selain ketujuh alasan tersebut kenapa kamu harus punya batasan diri saat pacaran adalah sebagai standar hubungan yang bisa kamu gunakan apakah hubungan yang kamu jalani itu masih layak untuk dipertahankan atau memang sudah tidak bisa diselamatkan karena pasangan yang sudah mulai banyak menuntut mu untuk melakukan sesuatu diluar batasan dirimu.

Dengan batasan dirimu pula, kamu tidak akan pernah merasa dituntut dan menuntut pasangan untuk membahagiakan mu. Karena batasan diri ini akan mengingtkan batas kemampuan mu untuk mengiyakan dan menolak keinginan pasangan.

Tanpa batasan diri, kamu hanya akan menjalani hubungan dengan cinta tanpa rasa saling menghargai kehidupan pribadi masing-masing. Walalupun kalian memang sudah punya pasangan, kalian tetaplah harus punya kehidupan pribadi masing-masing dengan teman dan lingkungan kalian.

Kalian tidak boleh menggantungkan kehidupan kalian pada pasangan sepenuhnya. Agar saat hubungan yang kalian jalani tidak sesuai dengan yang kalian harapkan, kalian tidak akan merasakan penyesalan dan kekecewaan yang terlalu mendalam.

Jadilah wanita yang bisa tegas, mandiri dan berani untuk memperjuangkan kebahagiaanu sendiri. Jangan biarkan pasangan mengintimidasimu, menuntut dan memaksamu melakukan apapun yang mereka inginkan hanya karena kamu tidak punya batasan diri. Kamu harus mulai membuat batasan diri agar kamu tidak menyakiti dirimu sendiri.

Memaksakan diri bertahan dalam hubungan yang tidak seharusnya kamu pertahankan sama saja mengabaikan kebahagiaan dirimu sendiri. Lalu kalau kamu saja mengabaikan kebahagiaanmu sendiri, siapa lagi yang bisa membahagiakanmu?

Bukankah kamu harus bisa membahagiakan dirimu sendiri sebelum bisa membahagiakan pasanganmu?

Salah satu cara membahagiakan dirimu sendiri adalah dengan selalu memberikan kebaikan pada dirimu sendiri dan memperbaiki dan meningkatkan kualitas dirimu.

Terus nutrisi otak dan emosi kamu dengan hal-hal yang baik agar kamu bisa menjadi wanita berkualitas yang pasti mendapatkan pria yang berkualitas juga.

Kamu bisa download audiobook eksklusif dari kami dengan cara klik disini untuk menambah wawasan mu seputar PDKT dengan pria dan bagaimana cara menjadi wanita yang punya kepercayaan diri dan punya inisiatif untuk mendekati pria tapi tidak terkesan agresif.