4 Tips Membangun Bisnis Dengan Pasangan

4 Tips Membangun Bisnis Dengan Pasangan

Jiwa entrepreneur dalam diri kamu sangatlah bergejolak. Kamu sangat ingin membangun bisnis yang mana bisa menyokong finansial kebutuhan pribadi dan rumah tanggamu.

Banyak sekali bisnis diluar sana yang dapat kamu coba. Lantas mau bisnis sendiri atau bisnis team? Kamu bingung nih mau yang mana. Khusus kamu yang sudah memiliki pasangan, pengen mencoba membangun bisnis dengan pasangan.

Tapi kamu takut jika bisnis ini tidak akan bisa berjalan lancar jika bareng pasangan. Padahal, kalau kamu menanamkan komitmen dan profesionalitas dalam mengembangkan bisnis, kamu dapat 2 manfaat lho. 

Yang pertama hubungan kamu makin dekat dan yang kedua kamu akan mendapatkan keuntungan dari bisnis. Menyenangkan bukan?

Lantas, apa saja tips membangun bisnis dengan pasangan yang dapat kamu lakukan? Yuk simak disini!

1. Pembagian tugas

Pembagian tugas atau job desk dibuat untuk memberikan aturan dan kewajiban yang harus dilakukan oleh masing – masing. Penentuan ini harus jelas agar kamu dan pasangan mendapatkan porsi tugas yang sama rata. Dengan begitu kalian akan lebih fokus dan transparan.

Pembagian tugas juga menunjukan keprofesionalitasan kalian dalam berbisnis. Ini juga bisa menjadi batasan agar masalah pribadi dalam hubungan kalian tidak akan mempengaruhi bisnis kalian, karena kalian sudah menentukan aturan dan batasan dalam pembagian tugas.

2. Pikirkan sikap dan perilaku pasangan

Sebelum memulai bisnis, kamu harus paham sikap dari pasanganmu. Kamu harus mengetahui sifatnya menguntungkan atau tidak. Sikap profesionalitas dalam bisnis sangat diperlukan kalau kamu tidak ingin mendapat kerugian.

Kamu akan merugi jika dia merupakan orang yang pemalas apalagi tidak memiliki semangat mengejar target. Jangan sampai saat bisnis kalian sudah berjalan, hanya kamu yang bersemangat untuk bekerja sedangkan dia sebaliknya. Maka dari itu, bangun komitmen sedari awal hubungan bisnis kalian terjalin.

3. Buat surat perjanjian

Surat perjanjian ini sangat penting dibuat di awal kalian akan merintis bisnis. Hal ini disepakati untuk menghindari terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan. Isi dari surat ini dapat membimbing dan bisa dijadikan penyelesaian ketika berselisih pendapat. Jadi buat yang teliti mengenai sistem bisnis kalian yah!

Surat perjanjian juga berguna saat hubungan kalian sudah tidak punya harapan untuk terus dipertahankan, tapi bisnis kalian masih berjalan dan lancar. Kalian tetap bisa menjadi rekan bisnis meski kalian sudah bukan pasangan lagi, karena kalian harus tetap menepati surat perjanjian yang sudah kalian sepakati di awal kalian merintis bisnis bersama.

4. Jalin komunikasi yang baik

Usaha yang dijalankan bersama pasangan akan sukses jika kalian dapat memahami satu sama lain. Junjung tinggi sikap terbuka, komunikasi yang baik, dan menghargai satu sama lain. Dengan begitu kamu dapat dengan mudah mengembangkan bisnis. Jika terdapat perselisihan diluar bisnis, kalian harus dapat mengatasinya dengan tenang dan tidak melibatkan masalah bisnis.

Jika kamu sudah paham mengenai 4 tips diatas, cobalah untuk memulai bisnis. Selain hubungan asmara, kamu juga dapat keuntungan dari bisnis bersama pasangan bukan? Jadi tunggu apalagi ladies?

Bisnis yang kalian rintis berdua bisa jadi adalah investasi terbaik untuk masa depan kalian.