Sering Ditanya Kapan Nikah? Hal-hal Ini Yang Sering Terlintas di Benak Wanita

kapan-nikah

‘’Kapan Nikah?’’

Sebenarnya pertanyaan itu bukan suatu momok yang sangat menakutkan, tetapi pada kenyataanya pertanyaanya itu selalu mengejar-ngejar di segala kesempatan karena umur kamu yang sudah matang.

Kadang ada yang bilang kamu terlalu santai dalam menanggapi soal pernikahan, tetapi orang lain tidak tahu pasti pertanyaan itu juga terbesit dibenakmu, kamu ingin menikah dan bersanding dengan pasangan mu di pelaminan seperti mereka dan kamu bisa hidup bahagia dengan pasangan mu.

Sebab, meski terlihat santai di luar, ada banyak hal serius yang silih berganti terlintas di kepalamu. Dan kali ini mungkin orang perlu tahu apa saja yang pernah terlintas itu:

1. Kapan ya aku bisa seperti mereka, menikah dipelaminan?

Sambil menatap temanmu yang sedang berbahagia dengan pasangannya, kamu menghela napas panjang seperti menahan bongkahan es agar tak masuk ke dalam dadamu. Membuatmu lagi-lagi harus menghela napas, dan tersenyum simpul.

Andai saja mereka tahu, dalam pikiran mu sedari tadi selalu saja terlintas pertanyaan yang hampir serupa dengan yang mereka tanyakan. “Kira-kira kapan ya aku bisa seperti pasangan yang berbahagia di hadapanku ini?” Pada akhirnya kamu cukup menjawab pertanyaan itu, dengan doain aja ya semoga cepat nyusul.

Miris sekali yah nasibmu ladies, bisa jadi kamu terlalu lama berpikir dan menentukan pilihan karena kamu menunggu sosok pangeran yang sempurna, daripada kamu hanya menunggu pria yang sempurna, mulai sekarang kamu harus bisa membuka hati dan mencari peluang untuk menjalin hubungan dengan pria yang bisa menerima kelemahan mu dan menjadikan kelemahan pasangan mu adalah kelebihan untuk mu.

2. Ada kalanya kamu merasa kesepian

Manusia merupakan makhluk sosial, saling membutuhkan satu sama lainnya. Meski kamu menikmati waktu sendiri bersama teman-teman dan keluarga tersayang mu, kamu pasti ingin juga berbagi canda tawa bersama orang spesial mu. Adakalanya kamu pasti iri melihat teman atau sahabat mu yang mempunyai pacar.

Tidak apa, setiap orang menemukan pasangan yang tepat dengan waktu yang berbeda. Cepat atau lambat, kamu akan menemukan pasanganmu di waktu yang tepat.

Asal jangan sampai kamu terlalu lama menghabiskan waktu mu sendiri, kamu harus bisa memanfaatkan waktu single mu sekarang dengan selalu meluangkan waktu untuk bersosialisasi dengan teman lama maupun kenalan baru.

Perbanyak sosialisasimu untuk meningkatkan peluang bertemu dengan jodoh mu.

3. Aku juga pengen nikah, tapi sama siapa?

Mungkin semua orang berfikir kamu sampai sekarang sendiri karena masih belum ingin punya pasangan. Padahal kalau orang tahu, kamu saat ini ada dalam proses pencarian. Entah sudah berapa kali kamu bertemu orang baru, tapi ternyata mereka buka the right person yang Tuhan gariskan untukmu.

Berkali-kali pula kamu harus jatuh bangun menata perasaan, yang kadang terasa sangat sakit lagi saat orang dengan mudahnya bertanya, “kamu kapan nikah? kok masih betah sendiri aja….

Semua pertanyaan mereka seolah tak pernah bisa mengerti bagaimana perasaan dan pikiranmu saat ini.

Jangan khawatir ladies, dalam peoses penantian mu ini, kamu harus terus introspeksi diri dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang kamu lakukan di hubungan mu yang sebelumnya. Dengan memperbaiki kesalahan mu sekarang, kamu bisa menghindari kesalahan yang sama di masa depan, dan kamu juga bisa menjalani hubungan yang lebih dewasa.

4. Kamu Jadi Punya Waktu Untuk Evaluasi Diri

Single bukan berarti dirimu tidak laku. Semakin lama kamu single berarti, makin banyak waktu untuk evaluasi keinginan dirimu untuk menanti calon pasangan halalmu.

Perbaiki dirimu dari sekarang, agar waktumu tidak terbuang sia-sia. Untuk mendapat pasangan terbaik, kamu harus jadi dirimu yang terbaik. Jadi, waktu paling tepat untuk menanti jodoh adalah saat kamu menyibukkan diri menjadi baik maka jodoh akan datang padamu.

Daripada kamu terus-menerus galau dengan kesendirian mu, kamu harus bisa menikmati masa lajang mu dengan terus belajar dan menutrisi otak mu dengan ilmu-ilmu pengembangan diri, agar nantinya kamu bisa lebih siap menjalani hubungan baru saat kamu sudah bisa mendewasakan diri mu.

5. Kamu jadi punya banyak waktu untuk menjadi istri dan ibu yang baik

Dengan berbagai pengalaman dan seiring bertumbuhnya umur akan menjadikan dirimu lebih dewasa dalam menyikapi berbagai persoalan. Kamu tidak hanya punya lebih banyak waktu untuk merencanakan pernikahan impianmu, tetapi merencanakan untuk menjadi calon ibu dan istri yang baik. Kamu bisa membekali dirimu dengan membaca buku, ikut seminar pernikahan, maupun parenting keluarga dan lain sebagainya. Intinya menambah bekal ilmu dan pengalaman untukmu kelak.

Kalau kamu masih saja sering dibuat galau dengan kesendirian panjang mu, kamu bisa lakukan 7 hal ini untuk meghilangkan kegalauan mu selama ini.

6. Perlahan-lahan kamu akan membuka hati untuk jatuh cinta pada siapa saja

Melihat sahabat atau teman mu yang sudah menikah memang membuat hati mu galau, tetapi pernikahan adalah tentang dua orang yang sama-sama sudah dipertemukan dalam waktu yang tepat untuk bersatu.

Sekarang saatnya kamu membuka hatimu untuk menerima siapa saja yang sesuai kriteriamu. Artinya kamu siap membuka diri dengan kesempatan baru mu, lingkungan baru dan wawasan dalam menemukan jodoh mu.

7. Kamu tidak ingin buru-buru menikah karena masih ingin menikmati hidup

Mungkin kamu adalah salah seorang yang mempunyai sejuta impian tinggi, sehingga kamu tidak ingin buru-buru untuk menikah, masih banyak daftar impian yang harus kamu lakukan sebelum menikah. Nikmati hidup mu dengan berbagai impian yang ingin kamu raih dan banyak belajar menjadi pribadi yang berkualitas.

Percayalah, kamu tetap bisa membuat target nikah dan seiring berjalanya waktu kamu akan menemukan jodoh yang halal buatmu. Asal dalam waktu menunggu mu itu kamu terus belajar untuk memperbaiki kualitas karakter pribadi mu sebagai seorang wanita dewasa.

Semangat untuk terus belajar yah ladies!